Pembangunan pasar dan manfaat untuk warga sekitar

Februari 26, 2019


Pasar merupakan tempat dimana bertemunya si penjual dan pembeli, nahh kalo zaman dulu sebelum ada alat transaksi, orang-orang terbiasa dengan yang namanya barter nih, barter itu missal gini aku punya pisang 2 tandan, lalu kamu punya ikan bawal 2 kilo nah kita saling tuker gitu, belom ada standard ukurannya berapa gitu sih kalo menurut aku, intinya kalo menurut aku dua dua nya ada barang dan mau diajak tukeran, kesepakatan antara kedua belah pihak ya. Nah seiring berkembangnya zaman mulai deh pake logam, lalu pakai uang giral. Semenjak alat transaksi berkembang disinilah fungsi pasar semakin besar, dan sangat berpengaruh dengan keadaaan perekonomian di sekitarnya. Oleh sebab itu pasar merupakan magnet bagi masyarakat sekitar, selain sebagai pusat jual beli, di pasar juga menjadi tempat mencari nafkah bagi sebagian orang.

Nah pasar sendiri banyak jenisnya nih ada pasar induk, menurut aku pasar induk tempat kebutuhan pokok gitu tapi pusatnya gitu loh, jadi kalo mau murah atau kalo mau beli banyak, pasar induk lah tempatnya, kalo ditangerang ada nih pasar induk tanah tinggi namanya. Disini biasanya banyak sayuran, buah-buahan, cabai, bawang merah, bawang putih, dan lain sebaginya kebutuhan pokok sehari-hari.
                                                                                   Pasar induk tanah tinggi, tangerang

 
                           (Sumber:csr Pitt)
Adalagi nih pasar hewan, as you know dalemnya pasti hewan semua dong, tapi di beberapa daerah pasar hewan ini di kelompokan lagi misal ada pasar burung, pasar sapi, banyak lagi sih macemnya.       
        
        Pasar burung, curug, tangerang

 (source: omkicau.com)
                Terus ada lagi pasar kaget, kalian semua pasti tau, terus disetiap daerah juga ada bahkan tiap kelurahan pasti ada nih. Untuk harga biasanya di pasar kaget ini murce abis lah pokonya, makanya di setiap daerah ada, harganya sip banget di kantong.
                    Pasar kaget, ciputat

                 (Foto: Raga Imam/kumparan)
  1.   Dan satu lagi yaitu pasar tradisional yang sekarang sudah mulai banyak yang di renovasi, terutama daerah jabodetabek, pembangunan pasar tradisional di bentuk untuk mengembangkan taraf hidup masyarakat sekitarnya. Aku harap sih PT.SMI ini bisa terus berkarya mengembangkan dan merenovasi pasar-pasar yang ada di Indonesia, selain menghidupkan perekonomian Indonesia, menurutku pasar merupakan jantung di suatu daerah, jadi kalau tidak ada pasar di suatu daerah perekonomian suatu daerah tidak jalan, karena menurutku sebagian besar mata pencaharian masyarakat Indonesia bertumpu pada pasar. Untuk wilayah jabodetabek ini mungkin sebagian besar sudah di renovasi, karena di jabodetabek bias dibilang cukup padat penduduknya, diharapkan dengan adanya renovasi pasar ini, perekonomiannya meningkat, menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.
di tempatku juga sudah banyak pasar yang di renovasi, dan Alhamdulillah nih, kalo menurutku warga setempat jadi semangat ke pasarnya, keliatannya juga bersih gitu, terus ada wahana mainannya buat anak, jadi  buat bapak-bapak atau ibu-ibu yang bawa anak kalo anaknya rewel bisa diajak main kesana dulu yaa. Belanja jadi gak ribet kan, oh iya satu lagi, setelah direnovasi tidak ada lagi parkir liar, sekarang pake tiket kaya di mall mall, pikiran pas belanja jadi tenang kan. Wahaha senangnya diriku, karena aku termasuk sering ke pasar.
              Pasar kemis pada Malam hari




                Tapi mungkin daerah jawa dan sekitarnya masih cukup banyak pasar tradisional, seperti pasar klewer di solo. Mungkin beberapa pasar tradisional tidak di renovasi karena untuk mempertahankan keasliannya ke klasikannya. Karena mempertahankan ke klasikan juga asik.



You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images